12 Juli 2016

Masih Seputar Lamaran & Tunangan; Lokasi dan Konsep Acara

Sebelum aku ceritain detail lokasi, sebaiknya aku ceritain dulu konsep yang akan dipakai pada acara lamaran & tunanganku besok 28 Agustus 2016...

Tepat seminggu setelah mas indra menyampaikan keinginannya untuk melamar, aku, ibu, dan adekku pergi ke rumah simbah karena kebetulan ada acara peringatan kematian Pakdhe... Disana akhirnya aku bongkar lemari simbah, karena seingatku tanteku pernah bercerita tentang kebaya lamaran ibu...

Akhirnya aku menemukan 4 kebaya tua tersimpan rapi di lemari, kebaya ibu waktu tunangan, midodadeni, pemberkatan pernikahan dan 1 kebaya simbah yang dipakai saat tunangan ibu...

Tak hanya kebaya, tapi juga album foto saat tunangan bapak dan ibu... Super excited doong, pas lagi mau dilamar, pas nemuin foto-foto bapak dan ibu... Akhirnya muncul ide untuk konsep lamaranku besok, yakni Recreate Memories. Mengulang kembali memori saat bapak dan ibu tunangan dulu...

Terutama untuk kebaya ibu yang aku restore untuk acaraku besok... Detail mengenai kebaya ini akan aku ceritain di postingan terpisah yaa...

Anyway, setelah konsep sudah ada gambaran. Aku konsultasi dengan bapak dan ibu mengenai acara yang akan dilaksanakan, terutama masalah lokasi... Akan diadakan dimana, bulan Mei lalu bapak dan ibu masih bingung akan mengadakan acara dimana, kalau dirumah kebetulan bapak memang ada rencana untuk renovasi jadi takut bentrok dan nggak nyandhak bahasa Indonesianya mungkin takut waktunya tidak sampai... Renovasi kan butuh waktu dan juga sekarang cari tukang yang garap agak susah...

Saat itu masih blank, bapak ditanya bingung, ibu apalagi... Sensitif deh kalo ditanya masalah lamaran... Hehehe... Maklum, baru pertama mau terima tamu dari calon besan, mungkin ingin yang perfect...

Keputusan pun akhirnya diambil di awal bulan Juni ini, bapak menginstruksikan untuk cari tempat saja, tidak dirumah karena memang tidak memungkinkan dirumah... Sedari awal aku dan ibu memang kompak pengen ngadain acara diluar rumah, lebih praktis... Hehehe, emak sama anak sama-sama gak mau susah...

Karena konsep yang diusung adalah lamaran adat jawa, jadi lokasi dengan pendopo adalah lokasi yang paling tepat untuk mengusung konsep yang aku inginkan... Dan lagi total totalan kalau dihitung per kepala, keluargaku yang super jumbo ini personelnya banyaaaaaaakkk... Keluarga mas Indra juga banyak... Keluargaku aja 40an orang, keluarga mas Indra 47an orang, belum lagi bapak kekeuh mau ngundang tetangga dan beberapa dari lingkungan... Pokoknya kalau ditotal bisa sekitar 125an orang... Kebayang kalo diadain dirumah bisa sumpek banget, kalo dipasang tenda pun makin ribet, bapak kan banyak banget temennya, bisa malah pada nanyain kok nggak diundang... Padahal kan memang sebenarnya hanya acara keluarga... Duh, pusing...

Beberapa lokasi sudah kami coba datangi, tapi banyak yang enggak sreg... Misalnya lokasi kejauhan, atau lokasi dekat tapi parkir nggak ada, atau konsep lokasinya kurang menarik... Pokoknya seminggu berantem terus gara-gara pilih lokasi...

Sudah frustasi, akhirnya aku pasrah dan nggak ngoyo cari-cari tempat, toh masih agak lama pikirku... Iseng-iseng sembari luang di kantor aku coba browsing lokasi di sekitar rumahku, Kotagede... Keywordnya saat itu random banget "sewa pendopo kotagede" dan nggak disangka-sangka muncul tempat makan berkonsep pendopo yang sesuai sama keinginan... Berasa kaya nemuin harta karun, jejingkrakan di kantor sampe pada ngira stress... Hahahaaa...

Dan pilihan jatuh pada... Jeng jeng jeng... Pendopo Nde Luweh Kotagede... Lokasinya cuma 3 menit dari rumah, dan aksesnya mudah, parkir banyak, yang paling nyenengin adalah konsep pendopo klasik dan ada taman dan kolam, tempatnya private... Pokoknya bener-bener berasa menemukan harta karun...

Untuk menu yang ditawarkan pun masih masuk budget, mbak Luh pengelola Nde Luweh pun sangat welcome dan cooperative, aku bilang konsepnya bla bla bla, mbak Luh banyak kasih ide... Terutama kasih kebebasan, misalnya untuk dekor dan lain lain... Sound system juga udah disediakan, beserta lagu-lagu keroncong klasik yang akan diputer waktu makan, biar suasananya makin asik katanya... Hehehhee...

Aku pun udah ngajak mas Indra untuk datang kesana, dia juga sreg banget untuk pakai Pendopo Nde Luweh untuk acara, karena lokasinya bisa muat banyak dan juga ada taman...

Ini dia beberapa penampakan Pendopo Nde Luweh... Aku ambil dari website ini karena fotonya lebih bagus daripada yang di hape aku... Hihihii...





Semoga semuanya lancar... God speed!

1 komentar:

  1. Hai mba minan, boleh tanya2 dong? Konsep nya bagus, tmpat nya jg oke bnget, mba nya sewa tempat aja mba?. Sblumnya sya dian, sya lg persiapan juga buat acra sderhana mba. Hehe

    BalasHapus

Hai-hai... Boleh banget loh kalo ada yang mau berkomentar, asal jangan SARA yaa... Monggo-monggo, bagaimana pendapatnya mengenai post diatas?